Menakar Jiwa Mantan Teroris (Melalui Tes Davido Chad)

  • Cover Menakar Jiwa Mantan Teroris (Melalui Tes Davido Chad)
Rp 52.900
Hemat Rp 2.645
Rp 50.255
Judul
Menakar Jiwa Mantan Teroris (Melalui Tes Davido Chad)
No. ISBN
9786028555890
Tanggal terbit
2013
Jumlah Halaman
136
Berat
-
Jenis Cover
-
Dimensi(L x P)
-
Kategori
Psikologi
Bonus
-
Text Bahasa
Indonesia ·
Lokasi Stok
Gudang Penerbit icon-help
Stok Tidak Tersedia

DESCRIPTION

Teori Psikoanalisis membagi jiwa manusia ke dalam tiga bagian, yaitu alam kesadaran (consciuousness), alam bawah sadar (subconsciuousness) dan alam ketidaksadaran (unconsciuousness). Psikoanalisis percaya bahwa alam ketidaksadaran adalah bagian terbesar dari jiwa manusia, dan alam kesadaran hanya bagian terkecil yang muncul ke permukaan yang kasat mata. Alam ketidaksadaran ini dipenuhi dengan berbagai simbol dan sangat besar pengaruhnya pada alam kesadaran.

Tes-tes proyeksi yang dibawa ke Indonesia seperti tes Rorscach, TAT (Thematic Apperception Tes), DAM (Draw a Man), Baum (pohon), HTP (House Tree Person), dan sebagainya. Sayangnya, tes-tes ini tidak pernah diverifikasi selama puluhan tahun, dan tidak lagi bisa ditemukan laporan atau hasil-hasil penelitian tentang tes-tes proyeksi ini karena memang sudah ditinggalkan orang.

Dr. Roseline Davido memperkenalkan tesnya, yaitu tes CHaD. Tes CHaD meminta kliennya (semua umur) untuk membuat tiga buah gambar, yaitu gambar yang paling sering dibuatnya ketika ia masih kanak-kanak (pada anak-anak: ketika umurnya masih lebih muda), gambar tangan (sembarang tangan, sebanyak-banyaknya) dan gambar tangan yang mengganggunya (juga boleh sebanyak-banyaknya). Pada klien anak-anak masih ada gambar keempat, yaitu gambar yang paling sering dibuatnya di masa sekarang.

Tes CHaD sebenarnya adalah tes individual, bukan tes massal. Tes ini mengungkapkan psikodinamika kepribadian melalui tes proyeksinya dalam menggali informasi dari wawancara dan obervasi klien. Selama menggambar, psikolog memang tidak boleh bertanya apa pun. Psikolog hanya mengamati secermat-cermatnya kelakuan klien selama menggambar.

Jadi, dalam tes CHaD semua gambar, gerak, mimik, gestur, dan ucapan adalah simbol. Simbol-simbol itu harus diinterpretasikan, tetapi tidak berdasarkan interpretasi yang dibuat subjektif  atau diambil dari diktat (seperti ketika psikolog Indonesia menginterpretasi tes DAM), melainkan berdasarkan interpretasi klien sendiri.

Buku ini menyajikan penelitian psikoanalisis mantan teroris di Indonesia dengan menggunakan tes CHaD. Ternyata hasilnya sangat menakjubkan karena hampir semuanya tepat bisa mengungkap psikodinamika yang mendorong para pelaku terorisme itu untuk berbuat kekerasan yang tidak sesuai dengan norma-norma umum yang berlaku.


Daftar Isi:

Persembahan iii
Tentang penulis v
Kata Pengantar vii
Kebangkitan Kembali Psikoanalsis ix
Bab 1 Pendahuluan
Bab 2 Teroris juga manusia
Bab 3 Paradigma Psikologi
Bab 4 Psikoanalisis
Bab 5 Tes Chad
Bab 6 Program Deradikalisasi
Bab 7 Hasil Tes Chad pada Sepuluh Mantan Teroris
Bab 8 Abu Bukan Baasir: Sebuah Kasus Mengenai Mantan Teroris Indonesia
Bab 9 Persimpangan Transkultural, Perbandingan antara Tes Chad di Negara Barat dan Indonesia
Bab 10 Diskusi, Kritik, dan Kesimpulan


 TENTANG PENULIS

Sarlito Wirawan Sarwono Lahir di Purwokerto pada tahun 1944, penulis merupakan lulusan Fakultas Psikologi UI (1968), kemudian melanjutkan studi S2 (setingkat S2) di Universitas Edinburgh tahun 1973 (Skotlandia) dan Universitas Leiden tahun 1976 (Belanda) serta S3 di Universitas Indonesia pada tahun 1978. Selain itu, penulis pernah menjabat sebagai Guru Besar Psikologi, dekan Fpsi UI (1997-2004), Ketua Program Studi Kajian Ilmu Kepolisian Ui (2006-sekarang), Dekan Fpsi UPI YAI (2009-sekarang). Penulis juga pernah menjadi peneliti di East West Center, Hawai, dan menjadi guru besar tamu di Universitas Cornell (AS), Universitas Nijmegen (Belanda), Universitas Victoria (Selandia Baru), dan Universitas Malaysia. Sedangkan di Indonesia sendiri, Sarlito aktif memberi kuliah di Universitas Indonesia, Universitas Pancasila, Universitas Persada Indonesia dan Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian.

Penelitian yang pernah dilakukan penulis di antaranya mengenai; Seksualitas Remaja, Rumah Susun, Lalu Lintas, Prasangka, Deradikalisasi Teroris. Selain itu juga penulis menjadi konsultan TransCorp/Paragroup (1996-sekarang), Penasihat Ahli Kepala Kepolisian RI (2009-sekarang). Organisasi profesi yang diikuti adalah Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi), International Council of Psichologists (ICP), Asian Psychological Association (ApsyA), American Psychological Association (APA), International Association of Applied Psychology).

Penulis aktif mengisi kolom opini di koran-koran, rubrik konsultasi di majalah-majalah, artikel-artikel di jurnal-jurnal ilmiah serta buku-buku ilmiah di dalam dan luar negeri. Judul tulisannya menyangkut bidang-bidang yang sangat bervariasi, mulai dari masalah remaja, rumah tangga dan kesehatan reproduksi, sampai masalah lingkungan dan sosial politik. Namun, apa pun judulnya, analisisnya selalu dari sudut pandang psikologi, yaitu bidang ilmu yang menjadi keahliannya. Di samping menulis, Sarlito juga hobi bermusik dan mahir memainkan saxophone.



WHY CHOOSE US?

TERLENGKAP + DISCOUNTS
Nikmati koleksi Buku Psikologi terlengkap ditambah discount spesial.
FAST SHIPPING
Pesanan Anda segera Kami proses setelah pembayaran lunas. Dikirim melalui TIKI, JNE, POS, SICEPAT.
BERKUALITAS DAN TERPERCAYA
Semua barang terjamin kualitasnya dan terpercaya oleh ratusan ribu pembeli sejak 2006. Berikut Testimonial dari Pengguna Jasa Bukukita.com
LOWEST PRICE
Kami selalu memberikan harga terbaik, penawaran khusus seperti edisi tanda-tangan dan promo lainnya

Produk digital

Karya Sarlito Wirawan Sarwono lainnya:

Buku sejenis lainnya

WorkLess, EarnMore the trilogy Part 1
Buku Who The Hell Are You? Buku Personal Branding
Buku pengembangan Diri Januari 2020
Buku Populer & Terlaris 2020