Deradikalisasi Pemahaman Al Quran dan Hadis

  • Cover Deradikalisasi Pemahaman Al Quran dan Hadis
Rp 83.800
Hemat Rp 4.190
Rp 79.610
Judul
Deradikalisasi Pemahaman Al Quran dan Hadis
No. ISBN
9786020242088
Tanggal terbit
Juni - 2014
Jumlah Halaman
456
Berat
500 gr
Jenis Cover
Soft Cover
Dimensi(L x P)
-
Kategori
Islam
Bonus
-
Text Bahasa
Indonesia ·
Lokasi Stok
Gudang Penerbit icon-help
Stok Tidak Tersedia

DESCRIPTION

[NOTE] Buku Terbit Tanggal 11 Juni 2014



Al-Qur`an dan hadis ibarat mata air yang tidak pernah kering. Keduanya sama-sama menjadi sumber pelepas dahaga bagi umat di saat kekeringan spiritualitas melanda. Secara teologis-normatif, Al-Qur`an dan hadis akan senantiasa menjadi rujukan bagi umat Islam dalam menjalani kehidupannya di dunia.

Sebagai sumber rujukan bagi umat Islam, Al-Quran dan hadis mengandung beragam aspek, mulai dari aspek akidah, ibadah, muamalah, jinyahi (hukum pidana) sampai aspek siysah (politik). Hal inilah yang mendasari pernyataan banyak ulama, bahwa Islam adalah agama yang mengatur seluruh aspek kehidupan manusia secara komprehensif, integral, dan holistik. Mengamati aktivitas keagamaan umat muslim konteporer, terdapat kecenderungan dalam memahami Al-Quran dan hadis hanya secara tekstual dan terkesan rigid. Meskipun pemahaman secara tekstual dan literal terkadang tidak dapat dielakkan, namun model pemahaman tekstual dan literal pada gilirannya dapat melahirkan perilaku yang terkesan anarkis, tidak toleran, dan cenderung destriktif.

Ajaran jihad misalnya, secara pragmatis sering dipahami sebagai "perang suci" untuk melakukan penyerangan dan pemaksaan terhadap kelompok lain yang tidak sepaham dengannya. Hal ini tentunya dianggap menodai wajah Islam yang ramah, santun, dan penuh kedamaian. Lebih jauh, akan timbul mispersepsi, serta akan menimbulkan cibiran dan citra negatif terhadap agama dan umat Islam secara keseluruhan. Melihat realitas yang terjadi, adalah sebuah keniscayaan untuk memberikan pemahaman yang benar tentang Islam.

Sebagai langkah awal, perlu diupayakan pemahaman metodologi yang komprehensif dalam memahami teks Al-Quran dan sunah, misalnya dengan mempertimbangkan aspek asbb an-nuzl dan asbb al-wurd (sosio-historical background). Upaya untuk mencapai pemahaman metodologi tersebut tidak berati bahwa metodologi tafsir yang dibangun oleh para ulama terdahulu tidak lagi relevan atau harus dipinggirkan. Upaya ini justru ingin memperteguh kembali warisan metodologi tafsir yang telah ada, dengan harapan dapat menjawab segala persoalan pada masa modern seperti sekarang.

WHY CHOOSE US?

TERLENGKAP + DISCOUNTS
Nikmati koleksi Buku Islam terlengkap ditambah discount spesial.
FAST SHIPPING
Pesanan Anda segera Kami proses setelah pembayaran lunas. Dikirim melalui TIKI, JNE, POS, SICEPAT.
BERKUALITAS DAN TERPERCAYA
Semua barang terjamin kualitasnya dan terpercaya oleh ratusan ribu pembeli sejak 2006. Berikut Testimonial dari Pengguna Jasa Bukukita.com
LOWEST PRICE
Kami selalu memberikan harga terbaik, penawaran khusus seperti edisi tanda-tangan dan promo lainnya

Buku sejenis lainnya

Buku terbitan Elex Media Komputindo lainnya:

WorkLess, EarnMore the trilogy Part 1
Buku Who The Hell Are You? Buku Personal Branding
Buku pengembangan Diri Januari 2020
Buku Populer & Terlaris 2020