XX

  • Cover XX
Rp 30.000
Hemat Rp 1.500
Rp 28.500
Judul
XX
Penulis
No. ISBN
979
Tanggal terbit
September - 2007
Jumlah Halaman
216
Berat
-
Jenis Cover
Soft Cover
Dimensi(L x P)
135x200mm
Kategori
Metropop
Bonus
-
Text Bahasa
Indonesia ·
Lokasi Stok
Gudang Penerbit icon-help
Stok Tidak Tersedia

DESCRIPTION


Aku tak sabar menunggu hari saat kita bisa menghabiskan pagi dengan melihat anak-anak kita tumbuh, dan menikmati senja dengan melihat matahari terbenam. XX. Selama bertahun-tahun, Liana menerima SMS yang berisi pernyataan cinta dari seseorang yang hanya menyebut dirinya sebagai XX. Liana tidak punya bayangan sedikit pun siapa orangnya yang setia memujanya demikian lama, sampai kemudian XX menyampaikan sesuatu yang hanya diketahui Liana dan sahabat-sahabatnya beserta suami-suami mereka. Apakah XX ternyata salah satu dari suami-suami sahabat-sahabatnya itu? Lalu apa artinya XX? Mengapa dia tidak menyebut dirinya X kalau hanya tidak ingin menyebut namanya? Kenapa harus XX? Di antara banyak pertanyaan, hanya satu hal yang Liana yakini---XX pernah berada "satu frame" bersamanya di salah satu masa dalam hidupnya. Liana harus menelusuri masa lalunya untuk menemukan pikiran sakit seseorang yang tak bisa berhenti mencinta.

REVIEW XX

Oleh : unai, 09 Apr 2008-10:13:14

Rating
+1 rating+1 rating+1 rating+0 rating+0 rating
Dago 7, tempat kos yang tidak berada di jalan utama Dago, merupakan rumah kos mungil bergaya minimalis yang terdiri dari empat kamar. Empat kamar tersebut dihuni oleh Donna dan Mella, menyusul kemudian Putri dan Liana. Empat tahun keempat sahabat ini tinggal seatap, bersama-sama. Namun sebelum genap empat tahun itu, Putri berpacaran dengan Doddy, setelah sebelumnya gagal mendekati Liana ; penghuni kos paling jelita.

Hubungan asmara Doddy dan Putri membuka jalan bagi Mela. Doddy mengenalkan Akmal kepada Mela. Kehadiran Doddy dan Akmal membuat mereka kemudian membentuk Club D7++. Namun Club D7++ akhirnya bubar setelah ssemua anggotanya menyelesaikan kuliah dan sibuk dengan urusan masing-masing.

Kesepakatan membuat mereka berkumpul dalam sebuah reuni. Mereka berjanji akan membawa pasangan maing masing, kecuali Liana yang dalam proses perceraian dengan Yaris, dan Donna yang tidak dapat mengajak serta Archi.

Liana, anggota Club D7++ paling jeita ini tentu saja menarik perhatian Doddy dan Akmal. Apalagi dulu…Doddy pernah berkali kali menyatakan cintanya pada Liana, dan ditolak. Kecantikan Liana begitu sempurna,. Tak ada seorangpun dari anggota Club ini yang mampu menandinginya. Dan..kecantikan Liana inilah yang menjadi duri dalam persahabatan mereka.

Bila dulu Putri masih mentoleris Doddy yang ketahuan mencuri pandang ke arah Liana, namun situasi berubah saat keduanya telah menikah. Jangan Putri, siapapun pasti tak rela bila pasangannya melirik sahabatnya yang jelas jelas lebih memesona.

Dalam reuni di rumah Putri, Liana menceritakan SMS misterius dari pengagum rahasia yang berinisial XX. SMS yang jumlahnya ratusan itu selalu menerakan inisial XX di setiap akhir pesannya. Tidak hanya SMS, XX juga mengirimkan bunga pada tiap hari ulang tahun Liana, dan ini sudah berlangsung selama tiga tahun terakhir.

Pertemuan berikutnya semakin sering digelar, diantaranya di Tea Addict. Sebelumnya Liana mengirim pesan kepada ketiga sahabatnya untuk datang minus pasangan. Ada hal penting yang ingin dibicarakan, dan pasti tentang XX. Liana menunjukkan SMS XX yang berbunyi:

”Kalau reuni harus diadakan di tempat anggota Club D7++ yang melahirkan, lalu kapan reuni akan diadakan di tempatmu, Liana? Kuharap takkan pernah” (hlm 35).

Dari sms ini Liana lantas berasumsi dan menjadikannya penunjuk arah, bahwa pengagum rahasia Liana adalah salah satu dari suami sahabat-sahabatnya ; salah satu dari personil Club D7++ yang hadir dalam reuni di rumah Putri. Ini berarti XX tahu apa yang dibicarakan saat reuni tersebut.

Doddy dan Akmal menjadi tersangka. Putri dan Mela uring-uringan dan cemas memikirkan kebenarannya.

Meskipun Liana mencatat hampir setiap SMS yang dikirim oleh XX, namun ia tidak memiliki bayangan sedikitpun siapa orang yang sekian lama memujanya ini. Satu hal yang diingat Liana adalah XX muncul sesaat setelah pertunjukan streapteasenya di depan ketiga sahabatnya dengan hanya berbalut lingerie yang baru dibelinya. Saat itu, Akmal muncul tiba-tiba. Ini yang menguatkan ketersangkaan Akmal.

Tersangka berikutnya adalah Archi, suami Donna. Banyak yang memanggil Liana dengan Lia saja, hanya Archi dan XX yang lengkap memanggilnya Liana.

Pesan-pesan yang dikirim XX kepada Liana membuat mereka sering berkumpul, untuk memecahkan teka-teki.

Larut Dalam Misteri dan Pengulangan-pengulangan

Sepertinya tak ada hal penting lain yang mereka bicaraka selain XX. Bahkan keempat bersahabat ini rela meluangkan waktunya untuk mencari siapa XX sebenarnya. Tersangka demi tersangka sangat kuat menjadi pelaku utama. Namun penulis buku ini abai akan satu hal. Karena asik dalam pengembaraan pencarian XX, penulis banyak melakukan pengulangan cerita. Pembaca dibuat penasaran namun diajak berputar-putar dalam cerita yang itu-itu saja.

Untuk cerita pembentukan Club D7++ ini saja diulang sampai dua kali, pertama di pembukaan, dan yang kedua di halaman 25. Tragedi Lingerie yang menyebabkan Akmal mejadi tersagkapun mengalami pengulangan sampai beberapa kali, yang terus terang kalau halaman itu dilewatkan tidak akan mengurangi bobot cerita. Malah membuat pembaca, khususnya saya, merasa bosan.

Ending yang Mengejutkan (Warning: Spoiler!!!)

Banyak hal yang tak terduga di dalam novel setebal 216 halaman ini. Pengagum rahasia terungkap atas kegigihan dan kemampuan Archi yang tentu saja bekerja sama dengan Liana.

Latar belakang kehidupan Donna yang kerap mengalami dan menyaksikan kekerasan fisik dari sang ayah menyebabkan Donna sangat membenci laki-laki, dan mencintai perempuan. Perempuan itulah Liana, yang selalu mendapat pesan singkat berisi kekaguman dan cinta XX. XX adalah lambang kromosom perempuan. Ya XX Adalah perempuan, yang dalam bahasa Italinya adalah Donna.

Novel ini bagus, meski gangguan kecil terselip di dalamnya. Saya kagum kepada penulsnya yang mampu mengajak pembaca mengembara dalam imajinasi, persis seperti membaca cerita detektif. Menarik!!! (Nai)

WHY CHOOSE US?

TERLENGKAP + DISCOUNTS
Nikmati koleksi Buku Metropop terlengkap ditambah discount spesial.
FAST SHIPPING
Pesanan Anda segera Kami proses setelah pembayaran lunas. Dikirim melalui TIKI, JNE, POS, SICEPAT.
BERKUALITAS DAN TERPERCAYA
Semua barang terjamin kualitasnya dan terpercaya oleh ratusan ribu pembeli sejak 2006. Berikut Testimonial dari Pengguna Jasa Bukukita.com
LOWEST PRICE
Kami selalu memberikan harga terbaik, penawaran khusus seperti edisi tanda-tangan dan promo lainnya

Buku sejenis lainnya

Buku terbitan Gramedia Pustaka Utama lainnya:

WorkLess, EarnMore the trilogy Part 1
Buku Who The Hell Are You? Buku Personal Branding
Buku pengembangan Diri Januari 2020
Buku Populer & Terlaris 2020