Sejarah Singkat Traktor dalam Bahasa Ukraina - A Short History of Tractors in Ukrainian

  • Cover Sejarah Singkat Traktor dalam Bahasa Ukraina - A Short History of Tractors in Ukrainian
Rp 46.000
Hemat Rp 2.300
Rp 43.700
Judul
Sejarah Singkat Traktor dalam Bahasa Ukraina - A Short History of Tractors in Ukrainian
Penulis
No. ISBN
978
Tanggal terbit
Februari - 2008
Jumlah Halaman
416
Berat
-
Jenis Cover
Soft Cover
Dimensi(L x P)
135x200mm
Kategori
Sejarah Fiksi
Bonus
-
Text Bahasa
Indonesia ·
Lokasi Stok
Gudang Penerbit icon-help
Stok Tidak Tersedia

DESCRIPTION

Dua tahun setelah kematian istrinya, Nikolai Mayevskyj yang berumur 84 tahun jatuh cinta pada Valentina, janda pirang seksi dari Ukraina yang berumur 36 tahun. Perbedaan usia yang begitu besar tidak menghalanginya untuk mendatangkan Valentina ke Inggris dan menikahinya.

Kedua putri Nikolai---Vera dan Nadezhda---terpaksa melupakan permusuhan lama mereka dan bersatu padu untuk menyelamatkan ayah mereka yang insinyur itu dari cengkeraman Valentina yang terang-terangan hanya menginginkan uang dan harta serta kehidupan nyaman di Barat.

Namun usaha mereka untuk mendongkel Valentina dari kehidupan sang ayah jadi memunculkan banyak rahasia keluarga dan menyingkap lima puluh tahun sejarah paling kelam di Eropa, serta mengirim mereka kembali ke kenangan akan negeri yang lebih suka mereka lupakan

***

Sangat lucu---The Times

Luar biasa---Daily Mail

***

*Finalis Booker Prize 2005*

*Pemenang Saga Award for Wit 2005*

REVIEW Sejarah Singkat Traktor dalam Bahasa Ukraina - A Short History of Tractors in Ukrainian

Oleh : jia, 10 Mei 2008-09:50:03

Rating
+1 rating+1 rating+1 rating+0 rating+0 rating
Dari awal saya sudah curiga kalau buku berjudul unik ini jauh dari “Sangat Lucu”, seperti testimonial dari The Times dalam cover terbitan Gramedia tahun 2008. Bahkan, buku ini malah penuh dengan perselisihan kekanak-kanakkan antar anggota keluarga. Ayah dengan si Sulung, Si Sulung dengan sang Adik, juga Sang Adik dengan Ayah.

Jika mau dibilang lucu, mungkin karena banyaknya humor kelam nan sarkastik yang bertebaran dalam lembaran-lembarannya. Cela mencela, hina menghina, terkadang diterjemahkan sebagai sesuatu yang lucu. Kesintingan, invaliditas mungkin bisa juga dianggap lucu.

Si tua Nikolai Mayevskyj memutuskan untuk menikah lagi setelah istri yang dinikahinya selama enam puluh tahun meninggal dua tahun lalu. Wanita yang dipilihnya adalah Calon-Janda berusia 36 tahun yang berdada istimewa besar dan seksi bernama Valentina Dubova. Dia meninggalkan Ukraina bersama anak lelakinya yang berumur 14 tahun untuk meraih mimpi di Inggris. Valentina ingin menyekolahkan anak yang diakuinya sebagai Jenius Musik di sekolah yang terbaik. Ia ingin menikmati kehidupan barat yang menjanjikan.

Lelaki delapan puluh empat tahun itu jatuh cinta, beharap ada yang bisa mengurusnya di usia renta. Si wanita memanfaatkan hal itu sebagai batu pijakan demi mendapatkan apa yang diinginkannya.
Tetapi, rencana mereka tidak berjalan semulus itu. Jangan lupakan Vera dan Nadezdha, kedua putri Nikolai. Menyadari ada hal yang tidak beres dalam kisah cinta mereka. Nadezdha berupaya keras untuk menggagalkan pernikahan itu, bahkan melupakan permusuhan lamanya dengan sang Kakak.

Nadezdha dan Vera tak saling bicara sejak Ibu mereka meninggal. Masalahnya sepele, karena Vera mengubah surat wasiat ibunya. Ludmilla, ibu mereka, tadinya hendak mewariskan uang yang dikumpulkannya selama bertahun-tahun untuk kedua anaknya. Tetapi Vera, menginginkan uang itu dibagi rata untuk semua cucu Millochka. Nadia menganggap pembagian ini tidak adil karena ia hanya memiliki satu anak, sedangkan kakaknya memiliki dua putri.

Namun demi sang Ayah, Nadezdha melupakan perselisihan itu dan mulai sering mengobrol dengan kakaknya di telfon, mendiskusikan semua hal yang berhubungan dengan ayah mereka dan pacar barunya yang matre dan senang mengenakan rok mini denim serta memamerkan cleavage.

Lalu pernikahan timpang itu berlangsunglah. Vera dan Nadezdha tidak diundang dalam pemberkatan. Tak lama kemudian, Valentina telah menguasai kamar mendiang ibu mereka.

Seperti yang telah diramalkan sebelumnya, Valentina memang berniat menguras harta benda Nikolai—meski awalnya Valentina tak tahu bahwa lelaki tua itu tidaklah kaya. Penghasilan utamanya hanyalah uang pensiun yang tidak seberapa. Permintaan-permintaan Valentina mulai membanjir tak masuk akal, diawali dengan sebuah Range Rover (selanjutnya disebut Mobil Brengsek). Nikolai mulai kewalahan, dan putri-putrinya semakin naik darah—berusaha menendang perempuan perebut kedudukan ibunya keluar.

***

Jika anda bertanya, di sebelah mana traktornya dibahas—karena tulisan saya diatas menyiratkan bahwa buku ini sejenis telenovela, akan saya ceritakan. Sedikit saja. Nikolai Mayevskyj adalah seorang insinyur. Saat kejadian ini diceritakan, ia tengah melakukan riset dan menulis buku tentang sejarah traktor. Buku tersebut ditulis dalam bahasa Ukraina. Buku tersebut tak hanya menyoroti perkembangan traktor dari masa ke masa, tetapi juga mengetengahkan situasi sosial-politik yang tengah bergejolak—terutama pada masa-masa awal munculnya traktor.

Tak hanya berperan sebagai pembajak ladang, sebagai buah dari industri, traktor juga berperan dalam perubahan struktur masyarakat. Traktor mampu melakukan pekerjaan 20 manusia, yang berarti menghancurkan pola tradisional kehidupan di desa.

Dalam sejarah Ukraina, traktor memainkan peran kontradiktif. Pada masa sebelumnya, Ukrania adalah negeri petani. Bagi negeri semacam itu, dalam mengembangkan potensi agrikulturalnya sepenuhnya, mekanisme mutlak perlu. Tetapi cara mekanisme itu diluncurkan sangat mengerikan. (hal.111)

Kacau-balau kehidupan di Rusia pasca pembunuhan Tsar dan Tsarina serta munculnya paham komunisme yang dimotori Stalin pun tak luput dari pembicaraan dalam buku ini.

Kedua orangtua Nadezdha dan Vera mengalami beratnya siksaan pemerintahan Stalin sebelum bermigrasi ke Inggris. Ludmila dan Vera bahkan sempat tinggal di sebuah kamp pekerja—tinggal terpisah dari ayah dan suami.

Kakek Vera dan Nadezdha lahir dari keluarga petani kaya dan menjadi pahlawan – karena menyelamatkan sepupu Tsar saat perang. Status pahlawannya berganti menjadi buronan begitu Tsar dan Tsarina mati terbunuh. Sebagai putri seorang buronan, hidup Ludmila tak karuan. Ia tak bisa menyelesaikan studinya untuk meraih gelar dokter hewan karena statusnya itu.

Nadezdha yang terlahir sebagai bayi masa damai pelan-pelan mengungkap masa lalu keluarganya yang kelam. Ia mulai mengerti mengapa kakak yang usianya selisih sepuluh tahun sering sekali bersikap kejam dan sarkastik.

***

Meskipun lebih banyak drama ketimbang sejarah traktor (jika anda menginginkan sebuah sejarah singkat tentang traktor), novel ini lumayan. Bahasa (terjemahannya) mengalir lancar, meski ada beberapa kesalahan ketik serta kalimat-kalimat panjang yang agak alot dicerna.
*Jia*

WHY CHOOSE US?

TERLENGKAP + DISCOUNTS
Nikmati koleksi Buku Sejarah Fiksi terlengkap ditambah discount spesial.
FAST SHIPPING
Pesanan Anda segera Kami proses setelah pembayaran lunas. Dikirim melalui TIKI, JNE, POS, SICEPAT.
BERKUALITAS DAN TERPERCAYA
Semua barang terjamin kualitasnya dan terpercaya oleh ratusan ribu pembeli sejak 2006. Berikut Testimonial dari Pengguna Jasa Bukukita.com
LOWEST PRICE
Kami selalu memberikan harga terbaik, penawaran khusus seperti edisi tanda-tangan dan promo lainnya

Produk digital

Buku sejenis lainnya

Buku terbitan Gramedia Pustaka Utama lainnya:

WorkLess, EarnMore the trilogy Part 1
Buku Who The Hell Are You? Buku Personal Branding
Buku pengembangan Diri Januari 2020
Buku Populer & Terlaris 2020