Wawasan Pancasila

+1 rating+1 rating+1 rating+1 rating+0 rating
4 avg rating - 3 Goodreads ratings
  • Cover Wawasan Pancasila
Rp 89.000
Hemat Rp 17.800
Rp 71.200
Judul
Wawasan Pancasila
Penulis
No. ISBN
9786024410896
Penerbit
Tanggal terbit
Oktober - 2018
Jumlah Halaman
324
Berat
300 gr
Jenis Cover
Soft Cover
Dimensi(L x P)
14x21mm
Kategori
Sosial-Politik
Bonus
-
Text Bahasa
Indonesia ·
Lokasi Stok
Gudang Penerbit icon-help

DESCRIPTION


Setelah puluhan tahun Pancasila ditahbiskan sebagai dasar dan ideologi negara serta kepribadian bangsa Indonesia, apakah kesaktiannya masih bisa diandalkan di tengah arus globalisasi dengan penetrasi beragam ideologi yang memboncengnya?

Kita menyaksikan situasi paradoksal. Secara konsepsional, Pancasila merupakan ideologi tahan banting yang kian relevan dengan perkembangan kekinian. Namun, secara operasional, terdapat jurang yang kian lebar antara idealitas Pancasila dan realitas pembumiannya.

Jurang lebar itulah yang menjadi sumber krisis kebangsaan hari ini. Kehidupan kebangsaan hari ini diliputi cuaca kebatinan dengan megamendung kerisauan, pertikaian, dan penggelapan. Sulit menemukan bintang penuntun yang menerbitkan kesamaan titik temu, titik tumpu, dan titik tuju. Visi kebangsaan ibarat cermin kebenaran yang jatuh dan pecah berkeping-keping. Setiap pihak hanya me- mungut satu kepingan, lantas memandang kebenaran menurut bayangannya sendiri. Rasa saling percaya pudar dan bineka warna sulit menyatu.

Demi mempertahankan Pancasila sebagai karakter bersama, penulis menawarkan pendekatan yang menarik, kreatif dan holistis, dengan menempatkan Pancasila sebagai bintang penuntun yang dinamis dalam merespons dinamika sosial dan global yang kian kompleks.


TENTANG PENULIS

Yudi Latif, M.A., Ph.D. menamatkan studi S1-nya dari Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran, dan menyelesaikan program S2 dan S3-nya dari The Australian National University. Sambil menempuh program S-3, ia juga sempat menjadi dosen pada Faculty of Asian Studies, The Australian National University.

Dalam dunia penelitian dan pendidikan, ia pernah menjadi peneliti pada Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia dan Wakil Rektor di Universitas Paramadina. Pada tahun 2015, ia terpilih menjadi anggota Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia dan anggota Lembaga Pengkajian Majelis Permusyawaratan Rakyat.

Pergumulannya dalam pemikiran kebangsaan dan kemanusiaan membuatnya menerima sejumlah penghargaan (award): IFI (Islamic Fair of Indonesia) Award pada 2011, untuk kategori intelektual muda paling berpengaruh; Ikon Politik Indonesia Tahun 2011 dari Majalah Gatra; Nabil (Nation Building) Award dari Yayasan Nabil, pada 2012 (sebagai pengakuan atas perjuangan dan pemikiran dalam menegakkan Pancasila sebagai sumbangan bagi nation building); Megawati Soekarnoputri Award, pada 2012 (sebagai penghargaan dalam memperjuangkan nilai-nilai kebangsaan dan kemajemukan); Penghargaan Ilmu Sosial 2013 dari Himpunan Indonesia untuk Pengembangan Ilmu-Ilmu Sosial (HIPIIS); Anugerah Kebahasaan dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, pada 2014; Anugerah Cendekiawan Berdedikasi dari Harian Kompas, pada tahun 2015; Penghargaan Nasdem untuk 70 Tokoh Indonesia yang membesarkan negeri, pada 2015.

Seturut dengan itu, penulis diberi kepercayaan menjadi Ketua Harian Pusat Studi Pancasila, Universitas Pancasila (2012-2017), serta menjadi Kepala Unit Kerja Presiden-Pembinaan Ideologi Pancasila (2017-2018). Penulis juga menjadi anggota Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia dan dosen tidak tetap pada Universitas Negeri Yogyakarta

WHY CHOOSE US?

TERLENGKAP + DISCOUNTS
Nikmati koleksi Buku Sosial-Politik terlengkap ditambah discount spesial.
FAST SHIPPING
Pesanan Anda segera Kami proses setelah pembayaran lunas. Dikirim melalui TIKI, JNE, POS, SICEPAT.
BERKUALITAS DAN TERPERCAYA
Semua barang terjamin kualitasnya dan terpercaya oleh ratusan ribu pembeli sejak 2006. Berikut Testimonial dari Pengguna Jasa Bukukita.com
LOWEST PRICE
Kami selalu memberikan harga terbaik, penawaran khusus seperti edisi tanda-tangan dan promo lainnya

Produk Yudi Latif lainnya:

Buku sejenis lainnya

Buku pengembangan Maret 2019
Buku Populer & Terlaris 2019
Resep Masakan 2019
Pelajaran Sekolah 2019