Manajemen Risiko Bank Islam

  • Cover Manajemen Risiko Bank Islam
  • Cover Manajemen Risiko Bank Islam
Rp 82.900
Hemat Rp 16.580
Rp 66.320
Judul
Manajemen Risiko Bank Islam  
No. ISBN
9789790613287
Penerbit
Tanggal terbit
2013
Jumlah Halaman
288
Berat Buku
473 gr
Jenis Cover
Soft Cover
Dimensi(L x P)
-
Kategori
Manajemen
Bonus
-
Text Bahasa
Indonesia ·
Lokasi Stok
Gudang Penerbit
WHY CHOOSE US?
TERLENGKAP + DISCOUNTS
Nikmati koleksi buku terlengkap ditambah discount spesial.
FAST SHIPPING
Pesanan anda langsung diproses setelah pembayaran lunas. Dikirim melalui TIKI, JNE, POS, SICEPAT.
BERKUALITAS DAN TERPERCAYA
Semua barang terjamin kualitasnya dan terpercaya oleh ratusan ribu pembeli sejak 2006.
LOWEST PRICE
Kami selalu memberikan harga terbaik, penawaran khusus seperti edisi tanda-tangan dan promo lainnya

Sebuah buku yang bertajuk Manajemen Risiko Bank Islam dihadirkan ke tengah para praktisi dan akademisi ekonomi dan perbankan, sebagai sebuah apresiasi atas besarnya antusiasme seluruh elemen dalam mengembangkan serta memadukan nilai dan praktik manajemen risiko perbankan Islam.

Buku ini sangat berguna untuk memperkaya landasan pemikiran serta referensi para praktisi dan akademisi dalam mengembangkan keilmuan, menganalisis dan mengambil keputusan secara tepat berdasarkan kepada Al Qur'an, Al Hadist, dan ijtihad para ulama. Arviyan Arifin (President Director, Bank Muamalat Indonesia)

Buku Manajemen Risiko Perbankan Islam di Indonesia ini diharapkan dapat menjembatani dua sisi yang berkelindan antara tuntutan praktik nyata perbankan Islam dan teori manajemen risiko yang dibangun atas dasar prinsip syariah Islam. Jelas, padat, tidak jumud, buku ini adalah buku pertama di Indonesia yang mengisi kekosongan rujukan teori dan praktik sederhana dari manajemen risiko perbankan Islam. Jossy P. Moeis (Pejabat Dekan, Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia)

Kompleksitas permintaan dan tuntutan persaingan pada perbankan Islam menjadi tantangan bagi praktisi perbankan Islam untuk berhati-hati dalam mengelola bisnisnya agar tidak merugikan nasabah, masyarakat, dan komunitas keuangan Islam pada umumnya. Buku ini dapat menjadi referensi praktis bagi praktisi perbankan Islam di Indonesia, agar dapat menjalankan praktik manajemen risiko dengan panduan dan kerangka kerja yang sederhana, menyeluruh, dan dapat diaplikasikan dalam organisasi modern atau korporasi.Bambang Hermanto (Risk Management Committee, Bank BRI Syariah, Indonesia dan Dosen Senior di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia)

Sebagaimana pemikir Islam terdahulu membangun tradisi berpikir yang kuat konsepnya, matang praktiknya, dan bermanfaat bagi kesejahteraan umat, diharapkan buku ini dapat menjadi awalan bagi terciptanya komunitas pemikir dan praktisi manajemen risiko perbankan Islam, sehingga diskursus tentang teori dan praktik yang sehat dapat terbangun berkelanjutan. Mustafa Edwin Nasution (Direktur, Pusat Ekonomi dan Bisnis Syariah (PEBS) Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia)

Buku ini menjelaskan dengan baik dan komprehensif dua sisi yang berhubungan erat yaitu praktik perbankan Islam dan teori manajemen risiko berdasarkan prinsip syariah Islam. Dengan masih sangat terbatasnya literatur tentang manajemen risiko di perbankan Islam, buku ini sangat membantu peningkatan pemahaman para pembacadan para pelaku industri mengenai manajemen risiko yang harus diterapkan di perbankan Islam. Rifki Ismal (Peneliti, Direktorat Perbankan Syariah Bank Indonesia)

Sebagai praktisi, konsultan, dan akademisi manajemen risiko, saya merasa buku ini merupakan awalan yang baik bagi terbangunnya disiplin praktik manajemen risiko yang komprehensif bagi perbankan Islam. Buku ini sangat bermanfaat tidak hanya bagi praktisi, namun juga konsultan dan akademisi yang berminat mempelajari praktik manajemen risiko yang sesuai dengan tuntunan syariah Islam.Dewi Hanggraeni (Wakil Ketua Umum Indonesian Risk Professional Association, Wakil Presdir PT Daya Makara UI, Dosen dan Praktisi Manajemen Risiko)


Daftar Isi:

Tentang Penulis iii
Kata Sambutan Ketua DK-Otoritas Jasa Keuangan v
Kata Sambutan Executive Director Muamalat Institute vii
Kata Sambutan Pejabat Dekan FEUI ix
Kata Pengantar xi
Ucapan Terima Kasih xvii
Daftar Gambar xxiii
Daftar Tabel xxv
Daftar Singkatan xxvii
BAGIAN I PENDAHULUAN
Bab 1 Filosofi Manajemen Risiko
Bab 2 Manajemen Risiko sebagai Sebuah Sistem Terintegrasi
BAGIAN II KERANGKA KERJA MANAJEMEN RISIKO PADA BANK ISLAM
Bab 3 Sejarah Perkembangan Manajemen Risiko
Bab 4 Proses Manajemen Risiko di Bank Islam
BAGIAN III MANAJEMEN RISIKO DI BANK ISLAM
Bab 5 Risiko Pembiayaan Bank Islam
Bab 6 Risiko Operasional Bank Islam
Bab 7 Risiko Kepatuhan Syariah
Bab 8 Risiko Strategis Bank Islam
Bab 9 Risiko Investasi Bank Islam
Bab 10 Resiko Pasar Bank Islam
Bab 11 Risiko Likuiditas Bank Islam
BAGIAN IV POTENSI DAN TANTANGAN BANK ISLAM KE DEPAN
Bab 12 Arah Perkembangan Manajemen Risiko di Bank Islam 224
G-1 Glosarium
D-1 Daftar Pustaka
I-1 Indeks


 TENTANG PENULIS

Imam Wahyudiadalah dosen dari Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI) dan aktif berkontribusi sebagai peneliti senior di Pusat Ekonomi dan Bisnis Syariah (PEBS) FEUI, Laboratorium Studi Manajemen (LSM) FEUI, dan PT Makara Mas Universitas Indonesia. Penulis dilahirkan di Kediri, Jawa Timur pada 5 Juni 1981. Ia memperoleh gelar Sarjana Ekonomi dari Departemen Akuntansi FEUI pada 2004. Gelar Magister Manajemen diperolehnya pada 2008 dari Fakultas Ekonomi UI, kekhususan Manajemen Risiko. Saat ini aktif menggeluti bidang keuangan Islam, struktur mikro pasar keuangan, perbankan, dan manajemen risiko sebagai pengajar, trainer, konsultan, dan peneliti. Hasil penelitiannya telah dipublikasikan dalam jurnal nasional dan internasional serta didesiminasikan pada seminar atau konferensi di dalam negeri dan luar negeri. Wahyudi dapat dihubungi melalui email: i_wahyu@ui.ac.id.

 
Miranti Kartika Dewi adalah dosen di Departemen Akuntansi FEUI. Ia juga merupakan peneliti dan trainer di Pusat Ekonomi dan Bisnis Syariah (PEBS) FEUI serta trainer di Pusat Pengembangan Akuntansi (PPA) FEUI. Ia memperoleh gelar Sarjana Ekonomi dari Departemen Akuntansi FEUI (2005), Master of Business Administration spesialisasi Finance dari International Islamic University Malaysia (2008), dan Chartered Islamic Finance Professional (CIFP) dari INCEIF Malaysia (2012). Karya akademiknya telah dipublikasikan dalam beberapa buku teks, jurnal internasional, serta beberapa konferensi di dalam dan luar negeri. Miranti dapat dihubungi melalui email: miranti_k_dewi@yahoo.com.


Fenny Rosmanita, saat ini aktif sebagai Pengajar di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI). Aktivitas lainnya adalah sebagai peneliti di Pusat Ekonomi dan Bisnis Syariah Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (PEBS-FEUI). Fokus penelitiannya terutama dalam bidang ekonomi, bisnis, dan keuangan Islam terutama pada area bank Islam, asuransi Islam, manajemen Islam dan zakat. Fenny memperoleh gelar Sarjana Ekonomi dari FEUI (2005) dan Magister Manajemen dari Magister Bisnis dan Keuangan Islam Universitas Paramadina (2009). Fenny dapat dihubungi melalui email: fennyr@gmail.com.

 
Muhammad Budi Prasetyo adalah dosen di Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI). Selain dosen, ia juga merupakan salah satu peneliti muda di Departemen Manajemen FEUI yang banyak terlibat dalam berbagai penelitian di bidang keuangan dan perbankan, khususnya perbankan syariah. Ia memperoleh gelar Sarjana Ekonomi dari Departemen Manajemen FEUI (2007) dan Master of Science in Management dengan spesialisasi Keuangan dan Perbankan dari Program Pascasarjana Ilmu Manajemen FEUI (2011). Ia dapat dihubungi melalui email: m.budi.prasetyo@ui.ac.id


Niken Iwani Surya Putri adalah dosen dari Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI) dan berafiliasi di Pusat Ekonomi dan Bisnis Syariah (PEBS) FEUI sebagai peneliti junior. Ia memperoleh gelar Sarjana Ekonomi dari Departemen Manajemen FEUI pada tahun 2006 dan Master of Science di bidang Ekonomi dan Bisnis dari Erasmus School of Economics, Erasmus University Rotterdam pada 2011. Saat ini ia terlibat dalam beberapa penelitian di bidang keuangan syariah. Minatnya adalah pada area bisnis Islam, terutama keuangan syariah, dan keuangan mikro syariah. Ia dapat dihubungi melalui email: mailto:nisputri@ui.ac.id.
 

Banu Muhammad H., lahir di Jakarta, 13 Oktober 1979, saat ini aktif sebagai pengajar di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI) di Program Studi S-1 Ilmu Ekonomi dan Magister Manajemen FEUI. Selain mengajar, aktivitas lain yang intens ditekuninya adalah penelitian dengan fokus kajian pada bidang ekonomi Islam, ekonomi kemiskinan, dan ekonomi industri (khususnya tentang persaingan usaha). Dosen muda yang banyak memberikan materi di berbagai seminar, workshop, dan pelatihan serta menulis di beberapa media ini juga aktif menjalani kegiatan sosialnya sebagai Ketua Amil Zakat Masjid Universitas Indonesia. Ia memperoleh gelar Sarjana Ekonomi dan Magister Sains Ekonomi dari FEUI. Saat ini Banu juga aktif di Ikatan Ahli Ekonomi Islam sebagai Ketua Biro Pengembangan Manajemen, Departemen Penelitian dan Pengembangan Manajemen.


REVIEW Manajemen Risiko Bank Islam

Buku Sejenis Lainnya »