Etika Lingkungan Hidup

  • Cover Etika Lingkungan Hidup
  • Cover
Rp 68.000
Hemat Rp 10.200
Rp 57.800
Judul
Etika Lingkungan Hidup  
No. ISBN
9789797095260
Penulis
Penerbit
Tanggal terbit
Oktober - 2010
Jumlah Halaman
424
Berat Buku
500 gr
Jenis Cover
Soft Cover
Dimensi(L x P)
140x210mm
Kategori
Lingkungan Hidup
Bonus
-
Text Bahasa
Indonesia ·
Lokasi Stok
Gudang Penerbit
Stok Tidak Tersedia
WHY CHOOSE US?
TERLENGKAP + DISCOUNTS
Nikmati koleksi buku terlengkap ditambah discount spesial.
FAST SHIPPING
Pesanan anda langsung diproses setelah pembayaran lunas. Dikirim melalui TIKI, JNE, POS, SICEPAT.
BERKUALITAS DAN TERPERCAYA
Semua barang terjamin kualitasnya dan terpercaya oleh ratusan ribu pembeli sejak 2006.
LOWEST PRICE
Kami selalu memberikan harga terbaik, penawaran khusus seperti edisi tanda-tangan dan promo lainnya

LINGKUNGAN HIDUP merupakan tanggung jawab semua penduduk di bumi ini. Tetapi mengapa masih banyak pihak-pihak tertentu yang mengabaikan bahkan merusak alam ini? Berbagai kasus pencemaran dan kerusakan laut, hutan, atmosfer, air, tanah, terus bertambah. Ini merupakan perilaku manusia yang tidak bertanggung jawab. Manusia adalah penyebab utama  kerusakan dan pencemaran lingkungan.

Pada dasarnya lingkungan hidup bukan semata soal teknis, tetapi prak­tiknya perlu didasari etika dan moralitas untuk mengatasinya. Untuk itulah perlunya etika lingkungan hidup yang membentengi moral manusia.

Buku ini membeberkan persoalan etika lingkungan hidup, termasuk mem­bahas konsep antroposentrisme, biosentrisme, ekosentrisme, hak asasi alam, termasuk kaitannya dengan kearifan tradisional dalam mengelola lingkungan hidup.

REVIEW Etika Lingkungan Hidup

Oleh : antonirovers, 20 April 2015-15:56:26

Rating
Permasalahan lingkungan yang kerap kali melanda kehidupan seringkali terabaikan oleh kita dengan anggapan alam merupakan hak untuk kita kuasai sebagai manusia. Dalam hal ini kecenderungan orang untuk mengeksploitasi alam demi kepentingan ekonomi tidak melihat dampak dari perbuatannya. Dengan alasan kesejahteraan, kita leluasa mengambil kekayaan alam yang terbatas ini. Dengan buku Etika Lingkungan Hidup, penulis yang bersangkutan ingin mendobrak cara pandang manusia yang masih relatif untuk menguasai alam atau antroposentrisme. Dengan ulasan yang singkat namun padat, penulis membawa alur bagi pembaca untuk memahami alam hidup dengan teori-teori yang disampaikan secara berurutan dan dengan bahasa yang mudah dimengerti. Menggunakan analisa yang filosofis, pembaca akan diuraikan beragam permasalahan yang menyangkut "apa dasar dari masalah-masalah lingkungan" dan "apa yang menyebabkan manusia mengeksploitasi lingkungan" dengan berakar dari kesalahan cara pandang yaitu paham antroposentrisme yang memandang manusia sebagai pusat dari alam. Dengan demikian manusia mengira alam ini layak untuk dikuasai, mungkin hal tersebut benar tapi dengan argumen-argumen yang penulis sajikan dapat dijadikan bahan kajian dan renungan untuk memulai memperhatikan alam. Dimulai dari paham mengenai etika itu sendiri, jenis-jenis etika yang ada hingga masuk ke dalam permasalahan lingkungan. Etika bukan hanya sekedar berbicara benar salah namun juga masalah moral, lingkup etika bukan hitam atau putih melainkan abu-abu. Dengan demikian ada cara pandang baru yang disajikan dalam buku Etika Lingkungan Hidup dalam memandang alam dengan tetap mengutamakan keserasian hubungan antara manusia dengan alam. Alam sebagai tempat tinggal manusia, tanpanya manusia tidak akan hidup tapi alam tanpa manusia akan tetap ada. Pembagian pembahasan dalam buku ini terbilang sederhana untuk dibaca, mulai dari teori-teori etika, lanjut ke cara pandang manusia terhadap alam, hingga masuk ke dalam pembahasan pembangunan yang berkelanjutan. Buku ini layak untuk dibaca terutama untuk mahasiswa atau umum yang memiliki ketertarikan terhadap lingkungan hidup. Para aktivis pecinta lingkungan juga diharapkan membaca buku ini sebagai dasar pengetahuan untuk membela hak-hak lingkungan. Mungkin hal yang masih terasa kurang dalam buku ini hanyalah tokoh-tokoh lingkungan yang kurang banyak dan kurang dibahas. Namun hal tersebut tetap tidak mengurangi bobot dari isi buku ini. Pentingnya alam bagi keberlangsungan makhluk hidup bukan hanya manusia melainkan juga hewan dan tumbuhan pantas untuk kita jaga. Dari buku ini kita akan memiliki rasa hormat kepada alam.

Buku Sejenis Lainnya »