Sastra Jendra Hayuningrat Pangruwating Diyu

+1 rating+1 rating+1 rating+1 rating+0 rating
4.19 avg rating - 145 Goodreads ratings
  • Cover Sastra Jendra Hayuningrat Pangruwating Diyu
Rp 111.000
Hemat Rp 16.650
Rp 94.350
Judul
Sastra Jendra Hayuningrat Pangruwating Diyu
Penulis
No. ISBN
9789792553765
Penerbit
Tanggal terbit
Juli - 2012
Jumlah Halaman
564
Berat
500 gr
Jenis Cover
Soft Cover
Dimensi(L x P)
-
Kategori
Sejarah Agama
Bonus
-
Text Bahasa
Indonesia ·
Lokasi Stok
Gudang Penerbit icon-help
Stok Tidak Tersedia

DESCRIPTION


Agama bukanlah tujuan, melainkan jalan untuk mencapai kesadaran ketuhanan dan spiritualitas. Menjadikan agama sebagai tujuan hanya akan melahirkan sikap fanatisme keagamaan yang berlebihan, karena tersimpan pamrih berupa iming-iming surga dan atau menghindari neraka. Menjadikan agama sebagai tujuan cenderung bersifat destruktif, alih-alih sebagai rahmatan lil 'alamin.

Sebagai jalan menuju kesadaran ketuhanan, agama menyediakan jalan (-jalan) bagi seorang hamba [salik] untuk berdekat-dekatan dengan Tuhannya, Dzat Yang Maha Gaib. Agama dalam hal ini lebih sebagai laku spiritual, menghayati kehidupan dengan jiwa ketuhanan yang sepi ing pamrih, berpikir positif terhadap takdir Tuhan. Laku spiritual ini hanya bisa dijalankan oleh jiwa-jiwa yang siap lahir-batin menyerahkan hidupnya untuk menapaki jalan syari'at, thariqat, haqiqat, dan ma'rifat.

Namun, tidak selalu jalan menuju kesadaran ketuhanan dapat ditempuh melalui jalan "positif" seperti pada umumnya. Di seberang sana, ada jalan "negatif" yang justru tidak kalah mencengangkan, seperti yang dilakoni oleh tokoh "Saya Sudrun" dalam novel ini. Jalan lain Saya Sudrun, Kiai Sudrun, atau Sudrun Edan, adalah menapaki jalan menemukan Allah Robbul 'Alamin dari Iblis, makhluk Tuhan yang divonis sesat dan terkutuk. Bagaimana mungkin menemukan kebenaran Ilahiah dari Iblis? Jangan-jangan itu adalah bisikan setan untuk menjerumuskannya menuju kesesatan?!

Karya ini sangat menarik karena menghadirkan perspektif baru soal sikap keberagamaan kita, dengan kemasan kisah yang menakjubkan. Di dalam tradisi sufisme dalam pengertiannya yang luasprototipenya bisa dirujuk ke Sunan Giri dan Sunan Kalijaga, hingga ke ajaran tasawuf Ibn 'Arabinovel ini mengisahkan jalan ke-salik-an Saya Sudrun dalam menemukan kebenaran Ilahiah, pengembaraan batiniah, menjalani kehidupan dengan beragam karakter manusia lintas-agama dan lintas-aliran, memungut hakikat cinta sejati dari orang-orang yang dijumpainya.

Saya Sudrun bukanlah manusia yang serba tahu, suci, dan terbebas dari dosa. Karena ke-sudrun-annya, yang berbeda dari manusia pada umumnya, Saya Sudrun dianugerahi kemampuan berkomunikasi dengan apa yang digambarkannya sebagai Kilatan Cahaya Petir. Dari kilatan cahaya yang aneh dan misterius itulah, Saya Sudrun memperolah pencerahan tentang hakikat ajaran Sastra Jendra Hayuningrat Pangruwating Diyu.


Goodreads Review Sastra Jendra Hayuningrat Pangruwating Diyu

WHY CHOOSE US?

TERLENGKAP + DISCOUNTS
Nikmati koleksi Buku Sejarah Agama terlengkap ditambah discount spesial.
FAST SHIPPING
Pesanan Anda segera Kami proses setelah pembayaran lunas. Dikirim melalui TIKI, JNE, POS, SICEPAT.
BERKUALITAS DAN TERPERCAYA
Semua barang terjamin kualitasnya dan terpercaya oleh ratusan ribu pembeli sejak 2006. Berikut Testimonial dari Pengguna Jasa Bukukita.com
LOWEST PRICE
Kami selalu memberikan harga terbaik, penawaran khusus seperti edisi tanda-tangan dan promo lainnya

Produk digital

Karya Agus Sunyoto lainnya:

Buku sejenis lainnya

Buku terbitan Lkis lainnya:

WorkLess, EarnMore the trilogy Part 1
Buku Who The Hell Are You? Buku Personal Branding
Buku pengembangan Diri Januari 2020
Buku Populer & Terlaris 2020