Fiqh Islam Mazhab dan Aliran

  • Cover Fiqh Islam Mazhab dan Aliran
  • Cover Fiqh Islam Mazhab dan Aliran
Rp 99.000
Hemat Rp 4.950
Rp 94.050
Judul
Fiqh Islam Mazhab dan Aliran
No. ISBN
-
Tanggal terbit
2008
Jumlah Halaman
-
Berat
650 gr
Jenis Cover
Soft Cover
Dimensi(L x P)
-
Kategori
Islam
Bonus
-
Text Bahasa
Indonesia ·
Lokasi Stok
Gudang Penerbit icon-help
Stok Tidak Tersedia

DESCRIPTION


Memasuki abad kedua Hijriah adalah merupakan era kelahiran mazhab-mazhab hukum dan dua abad kemudian mazhab^mazhab hukum ini telah melembaga dalam masyarakat Islam dengan pola dan karakteristik tersendiri dalam melakukan istinbath.

Kelahiran mazhab-mazhab hukum dengan pola dan karakteristik tersendiri ini, tak pelak lagi, mcnimbullkan berbagai perbedaan pendapat dan beragamnya produk hukum yang dihasilkan. Diakui bahwa selama periode abad kedua sampai dengan abad keempat Hijriah merupal<an priode gerakan pemikiran hukum secara besar- besaran dan meluas ai berbagai kawasan. Hal ini, tidak lain karena di samping para ulama atau fuqaha' mempunyai kesungguhan dalam menggali hukum, juga para Khalifan Bani Abbas mempunvai perhatian dan minat yang cukup besar terhadap hukum Islam dan Fuqaha'.


Para tokoh atau Imam mazhab, seperti Abu Hanifah, Imam Malik, Syafi'i, Ahmad Ibn Hanbal dan lannya, masing-masing menawarkan kerangka metodologi, teori dan kaidah-kaidah ijtihad. Kata Ijtihad dalam pengertian bahasa berarti mengerahkan kesungguhan untuk mencapai scsuatu atau melakukan suatu pekerjaan. Dalam istilah ulama ushul, kata 'ijtihad' diartikan dengan mengerahkan segala kesungguhan dalam upaya menggali hukurn-hukum syara' yang bersifat amali dari dalil-dahlnya secara rinci.


Metodologi, teori dan kaidah-kaidah yang dirumuskan oleh para tokoh dan para Imam Mazhab ini, pada awalnya hanya bertujuan untuk memberikan jalan dan merupakan langkah-langkah atau upaya dalam memecahkan berbagai persoalan hukum yang dihadapi naik dalam memahami nash al-Qur'an dan al-Hadis maupun kasus-kasus hukum yang tidak ditemukan jawabannya dalam nash.


Dengan semakin mengakar dan melembaganya doktrin pemikiran hukum, di mana antara satu dengan yang lainnya terdapat perbedaan yang khas, maka ia muncul sebagai aliran atau mazhab yang dijadikan pijakan oleh masing-masing pengikut mazhab tersebut dalam melakulcan istinbath hukum. Tentu saja, polemik dan terjadinya produk hasil ketetapan hukum dalam banyak hal merupakan sesuatu yang tak dapat dielakkan. Masing-masing aliran atau mazhab berusana mempertahankan metodologi dan teori yang mereka pegangi, dan bahkan lebih jauh lagi mereka berupaya pula menginstrudusirnya dalam masyarakat Islam.

Hal ini, terbukti -terutama sekali terlihat- bahkan para tokoh mazhab dan pengikut-pengikut mereka berusaha dengan giat menyebarkan dan menawarkan teori-teori pemikiran di beberapa kawasan dunia Islam sebagai basis kegiatan dari masing-masing mazhab tersebut.

Buku yang memberikan informasi langka mengenai perkembangan sejarah fiqih (hukum Islam) dengan pelbagai mazhab dan alirannya ini, merupakan literatur penting bagi para mahasiswa, pengajar, dan para pengamat sosial keagamaan.

WHY CHOOSE US?

TERLENGKAP + DISCOUNTS
Nikmati koleksi Buku Islam terlengkap ditambah discount spesial.
FAST SHIPPING
Pesanan Anda segera Kami proses setelah pembayaran lunas. Dikirim melalui TIKI, JNE, POS, SICEPAT.
BERKUALITAS DAN TERPERCAYA
Semua barang terjamin kualitasnya dan terpercaya oleh ratusan ribu pembeli sejak 2006. Berikut Testimonial dari Pengguna Jasa Bukukita.com
LOWEST PRICE
Kami selalu memberikan harga terbaik, penawaran khusus seperti edisi tanda-tangan dan promo lainnya

Produk digital

Buku sejenis lainnya

Buku terbitan Gaya Media Pratama lainnya:

WorkLess, EarnMore the trilogy Part 1
Buku Who The Hell Are You? Buku Personal Branding
Buku pengembangan Diri Januari 2020
Buku Populer & Terlaris 2020