Desa Cosmolitan : Globalisasi&Masa Depan Kekayaan Alam

  • Cover Desa Cosmolitan : Globalisasi&Masa Depan Kekayaan Alam
Rp 45.000
Hemat Rp 6.750
Rp 38.250
Judul
Desa Cosmolitan : Globalisasi&Masa Depan Kekayaan Alam  
No. ISBN
9786021258965
Penerbit
Tanggal terbit
Oktober - 2014
Jumlah Halaman
214
Berat Buku
-
Jenis Cover
Soft Cover
Dimensi(L x P)
-
Kategori
Ekonomi
Bonus
-
Text Bahasa
Indonesia ··
Lokasi Stok
Stok Tersedia.
WHY CHOOSE US?
TERLENGKAP + DISCOUNTS
Nikmati koleksi buku terlengkap ditambah discount spesial.
FAST SHIPPING
Pesanan anda langsung diproses setelah pembayaran lunas. Dikirim melalui TIKI, JNE, POS, SICEPAT.
BERKUALITAS DAN TERPERCAYA
Semua barang terjamin kualitasnya dan terpercaya oleh ratusan ribu pembeli sejak 2006.
LOWEST PRICE
Kami selalu memberikan harga terbaik, penawaran khusus seperti edisi tanda-tangan dan promo lainnya


Keunggulan:
- Membahas tentang isu terhangat saat ini : GLOBALISASI
- Membahas kekayaan-kekayaan alam yang ada di Indonesia

REVIEW Desa Cosmolitan : Globalisasi&Masa Depan Kekayaan Alam

Oleh : LintangNoor, 26 Jan 2015-11:19:07

Rating
Dulu, tak pernah terbesit dalam benak kita penduduk dari berbagai bangsa berebut untuk tinggal dalam sebuah desa di Indonesia. Wajar, karena desa acapkali identik dengan sesuatu yang kecil dan terbelakang. Namun kini zaman telah berbeda, buku ini mengajak kita untuk bertamasya menyaksikkan adegan ketika sebuah desa yang kecil dikepung oleh gerombolan korporasi, Negara, dan lembaga internasional dari berbagai belahan dunia. “Globalisasi masuk desa” bak deburan ombak besar yang mendobrak territorial Negara seolah tidak ada lagi pembatas antara desa dan globalisali. Bisa jadi inilah fase klimaks dari modus eksploitasi kekayaan alam yang jauh lebih kolosal dan lebih mengerikan dibandingkan zaman sebelum kemerdekaan. Terlebih lagi, kondisi dunia sekarang sedang mengalami krisis pangan dan krisis energi, maka Desa yang kecil tak ubahnya mata air bagi para raksasa yang sedang kehausan.
Selama ini kajian tentang pedesaan hanya melihat pada aspek mikro seperti Sumber daya manusia dan infrastruktur dll. Namun dibuku ini Wahyuni Refi dan Ziyad Falahi mencoba untuk mengulas Desa dari sudut pandang yang berbeda, yakni secara makro.
Dalam buku ini diilustrasikan bagaimana globalisasi menstransformasikan desa dari yang identik dengan hal yang kecil, menjadi megah nan futuristik. Namun konsekuensinya, desa harus senantiasa mengadopsi aturan globalisasi hingga ujungnya adalah penghisapan kekayaan alam desa. Globalisasi melalui peran aktor-aktornya yakni Investor, Perusahaan multinasional dan lembaga internasional seolah dengan mudahnya masuk desa tanpa ada yang menghalanginya. Globalisasi juga diwarnai oleh maraknya aktor negara maju yang andil dalam mengambil kekayaan desa demi pasokan nasionalnya.
Artikel mengenai menjaga kekayaan desa sebagai amanah konstitusi menjadi awal dari pembahasan dalam buku ini yang menjelaskan bagaimana Undang Undang Dasar 1945 pasal 33 sangat erat kaitan nya dengan upaya menjaga kekayaan desa. Artikel – artikel selanjutnya diisi dengan pembahasan mengenai globalisasi dan kekayaan alam Indonesia. Serta bagaimana desa menjawab tantangan globalisasi khusunya pasar bebas ASEAN yang pada tahun 2015 segera di buka.
Kemudian penggunaan bahasa yang simple menjadi keunggulan sendiri bagi buku ini. Tidak hanya teori yang disampaikan pada buku ini beberapa ilustrasi atau pun data-data konkret sengaja di berikan untuk mempermudah pembaca dalam memahami buku ini. Dari segi penghematan kertas buku ini sangat memperhatikan penggunaan kertasnya, hal ini dapat dilihat dari sedikitnya halaman kosong di setiap bagian nya.
Namun, penggunaan kertas yang tipis membuat pembaca harus hati hati jika ingin menulis atau mencoret buku ini, penggunaan pena yang terlalu cair tidak dianjurkan karena dapat menembus halaman sebaliknya, bahkan dapat merusak kertas tersebut. Ada beberapa kata yang kurang lengkap penulisannya, serta penggunaan singkatan-singkatan yang terlalu banyak walaupun dihalaman awal sudah disediakan daftar singkatan.
Secara keseluruhan, isi yang terdapat dalam buku Desa Cosmopolitan ini layak untuk dijadikan buku literasi bagi mahasiswa ilmu politik, para perangkat desa dan para masyarakat umum. Selain informasi yang disajikan lengkap, penggunaan bentuk kalimat yang simple, memudahkan pembaca memahami maksud kalimat walaupun banyak menggunakan singkatan yang beberapa diantaranya masih asing didengar bagi beberapa pembaca. Jadi buku Desa Cosmopolitan ini merupakan bahan bacaan yang cocok untuk mahasiswa maupun masyarakat umum.

Buku lainnya oleh penerbit - Change »

Buku Sejenis Lainnya »