Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal

  • Cover Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal
  • Cover Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal
Rp 37.000
Hemat Rp 5.550
Rp 31.450
Judul
Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal  
No. ISBN
9789792913538
Penerbit
Tanggal terbit
April - 2010
Jumlah Halaman
114
Berat Buku
-
Jenis Cover
Soft Cover
Dimensi(L x P)
140x210mm
Kategori
Perkebunan-Pertanian-Perikanan
Bonus
-
Text Bahasa
Indonesia ·
Lokasi Stok
Gudang Penerbit
Stok Tidak Tersedia
WHY CHOOSE US?
TERLENGKAP + DISCOUNTS
Nikmati koleksi buku terlengkap ditambah discount spesial.
FAST SHIPPING
Pesanan anda langsung diproses setelah pembayaran lunas. Dikirim melalui TIKI, JNE, POS, SICEPAT.
BERKUALITAS DAN TERPERCAYA
Semua barang terjamin kualitasnya dan terpercaya oleh ratusan ribu pembeli sejak 2006.
LOWEST PRICE
Kami selalu memberikan harga terbaik, penawaran khusus seperti edisi tanda-tangan dan promo lainnya

Ikan lele merupakan salah satu ikan ekonomis, khususnya dalam budi daya ikan air tawar di Indonesia. Ikan yang dulunya dicitrakan sebagai ikan yang hidup di lahan kotor dan tercemar, serta merupakan makanan masyarakat kelas bawah ini, kini menjadi komoditas komersial dan ”naik kelas” menjadi makanan untuk semua kalangan. Lele hidup dan segar sudah dipasarkan di beberapa pasar swalayan dan supermarket. Selama ini, usaha rumah makan, terutama usaha pecel lele yang paling banyak menyerap produksi budi daya lele. Sementara itu, kini lele mulai diolah menjadi bakso lele, kerupuk lele, dan abon lele. Lele juga mulai dipasarkan dalam bentuk awetan, terutama lele asap.   

Ikan lele merupakan salah satu komoditas budi daya yang memiliki banyak keunggulan, seperti dapat hidup di berbagai lingkungan air tawar, tahan penyakit, dan memakan apa saja sehingga mudah dibudidayakan dengan biaya produksi yang murah. Selain itu, risiko mengalami kerugian karena kematian pun sangat kecil. Oleh karena itu, lele dapat dibudidayakan di berbagai lahan, mulai dari lahan luas sampai lahan sempit di pekarangan rumah.

Salah satu teknologi budi daya yang sangat cocok untuk budi daya ikan lele adalah kolam terpal. Keunggulan dari kolam terpal adalah dapat diterapkan (dibangun) di berbagai tempat, tidak harus di lahan yang ideal sebagaimana pembangunan kolam konvensional. Kolam terpal juga mudah dibersihkan dan dipindahkan. Menurut pengalaman para pembudi daya ikan di kolam terpal, padat penebarannya dapat ditingkatkan, sintasan atau kelangsungan hidup (survival rate) lebih tinggi, pertumbuhan ikan dapat dipacu, dan ikan hasil panen tidak berbau lumpur. Di samping itu, pembuatan dan pemeliharaan ikan di kolam terpal juga lebih mudah (secara teknis) dan lebih murah (secara finansial).


REVIEW Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal

Buku Sejenis Lainnya »