Opus Dei : Sepak Terjang Kelompok Misterius Katolik

  • Cover Opus Dei : Sepak Terjang Kelompok Misterius Katolik
Rp 60.000
Hemat Rp 9.000
Rp 51.000
Judul
Opus Dei : Sepak Terjang Kelompok Misterius Katolik  
No. ISBN
97893064437
Penerbit
Tanggal terbit
Juni - 2007
Jumlah Halaman
498
Berat Buku
500 gr
Jenis Cover
Soft Cover
Dimensi(L x P)
141x210mm
Kategori
Sosial-Politik
Bonus
-
Text Bahasa
Indonesia ··
Lokasi Stok
Stok Tersedia. icon-help
WHY CHOOSE US?
TERLENGKAP + DISCOUNTS
Nikmati koleksi Buku Sosial-Politik terlengkap ditambah discount spesial.
FAST SHIPPING
Pesanan Anda segera Kami proses setelah pembayaran lunas. Dikirim melalui TIKI, JNE, POS, SICEPAT.
BERKUALITAS DAN TERPERCAYA
Semua barang terjamin kualitasnya dan terpercaya oleh ratusan ribu pembeli sejak 2006. Berikut Testimonial dari Pengguna Jasa Bukukita.com
LOWEST PRICE
Kami selalu memberikan harga terbaik, penawaran khusus seperti edisi tanda-tangan dan promo lainnya

DESCRIPTION

MENGUAK RAHASIA ORGANISASI PALING KONTROVERSIAL DALAM GEREJA KATOLIK

Investigasi jurnalistik yang sangat serius mengenai organisasi paling kontroversial dalam Gereja Katolik. Buku ini menyediakan petunjuk penting untuk memasuki belantara rumor di seputar Opus Dei, serta menyibak pengaruh signifikan organisasi ini di Vatikan dan di medan perpolitikan Gereja Katolik.

Opus Dei, dalam arti literal bermakna “the work of God”, adalah perkumpulan internasional bagi kaum Katolik. Organisasi ini kerap dinilai beraliran konservatif, yang mencari kesempurnaan agama Kristen secara personal dan berusaha menerapkan secara sungguh-sungguh (kaffah) ajaran-ajaran utamanya dalam pekerjaan dan kehidupan kemasyarakatan.

Opus Dei didirikan di Spanyol pada 1928, dan hingga kini memiliki 84.000 anggota—1.600 di antaranya adalah para pendeta—di 80 negara. Organisasi ini menjadi pusat kontroversi dan syakwasangka baik di dalam maupun di luar kalangan Gereja Katolik. Perkumpulan yang didirikan oleh pendeta Katolik Roma Josemaría Escrivá ini dituduh mempromosikan agenda politik kelompok kanan dan disinyalir telah melakukan praktik pengultusan, perekrutan anggota dengan cara paksa, brainwashing terhadap anggota baru, dan memisahkan para anggotanya dari ikatan keluarga mereka.

Opus Dei dikenal luas oleh kalangan masyarakat dunia melalui publikasi buku The Da Vinci Code. Popularitasnya juga mencuat lantaran para Paus terdahulu banyak yang memperdebatkan perihal “kanonisasi” pendiri organisasi ini. Dan, penemuan atas seorang mata-mata FBI, Robert Hanssen, sebagai anggota Opus Dei juga turut melambungkan ketenaran organisasi mesterius ini.

Dengan kemampuan reportase investigasi yang dilakukan secara intensif untuk menguak tabir rahasia yang selama ini tertutup rapat, serta didukung dengan pengamatan panjang dan terpercaya atas Vatikan dari para pakar, John Allen akhirnya berhasil menyingkap fakta dan memisahkannya dari mitos-mitos tentang Opus Dei: ihwal penggunaan cambuk dan cilice; kekuatan dana Opus Dei yang sebenarnya; identitas para anggotanya yang berpengaruh di dunia politik, perbankan, dan pelbagai jabatan tinggi; serta seberapa besar kekuasaan nyata organisasi misterius ini.

Setelah memperoleh akses tak terbatas pada wali gereja, yang memimpin organisasi dan pusat-pusat Opus Dei di seluruh dunia, Allen pun mendapat kesempatan luas untuk mewawancarai sejumlah anggota perkumpulan ini, terutama dengan para mantan anggota yang memiliki kedudukan sangat penting. Dari sinilah ia menyuguhkan gambaran terang mengenai pelbagai aktifitas, praktik, dan tujuan Opus Dei yang selama ini tersembunyi di balik tabir rahasianya.

Dalam buku ini, Allen mengungkap kekuatan dahsyat yang dimiliki Opus Dei dalam menentukan kebijakan-kebijakan Vatikan. Ia juga memaparkan secara detail potret mengenai jaringan Opus Dei yang begitu luas di seantero jagad: para anggota yang menguasai posisi-posisi penting di ranah politik, perbankan, akademisi, serta bidang-bidang berpengaruh lainnya.

Selama beberapa tahun, Opus Dei menjadi subjek bagi teori konspirasi dan spekulasi yang tak jelas ujung-pangkalnya. Informasi mengenai kebenaran organisasi ini terdengar samar-samar. Dan, buku Opus Dei ini merupakan dokumen yang memuat informasi sahih perihal organisasi kontroversial tersebut.

***

John L. Allen, Jr., dilahirkan tahun 1965 di Kansas, adalah koresponden Vatikan untuk National Catholic Reporter (NCR), serta analis Vatikan pada CNN dan National Public Radio. Ia meraih gelar master di bidang studi agama dari Universitas Kansas, dan kini bermukim di Roma, Italia. Ia dikenal karena kolom mingguannya perihal Vatikan di NCR edisi cetak dan online. Karya-karya jurnalistiknya juga terbit antara lain di The New York Times, CNN, NPR, Second Opinion, The Nation, The Miami Herald, dan Die Furche. Allen juga menulis beberapa buku mengenai Gereja Katolik, antara lain The Rise of Benedict XVI dan Conclave: the Politics, Personalities, and Process of the Next Papal Election.

***

“Sebuah buku yang memukau... pertama dan terakhir bagi siapa saja yang tertarik pada Opus Dei.”
—Sunday Times

“Jelas, persuasif, dan memikat.”
—Daily Telegraph

“Menyoroti aspek-aspek paling kontroversial dari Opus Dei, mulai dari perlakuannya terhadap perempuan hingga perekrutan dan keuangannya.”
—Independent

“Allen menguraikan segala aspek Opus Dei yang dikultuskan (termasuk struktur dan keuangan, serta praktik mortifikasi tubuh dengan cilice)... dan, terutama, segala detail yang terkait dengan para uskup dan personelnya, yang merupakan rohaniwan Opus Dei, di seantero jagad.“
—New Statesman

”Kontroversial.... Melalui uraian John Allen... yang terkuak jauh lebih banyak daripada yang pernah ada.”
—Independent

Buku terbitan Alvabet lainnya:

Buku sejenis lainnya

Buku pengembangan Maret 2019
Buku Populer & Terlaris 2019
Resep Masakan 2019
Pelajaran Sekolah 2019