100+Permainan Tradisional Indonesia : Untuk Kreativitas, Ketangkasan, dan Keakraban

  • Cover 100+Permainan Tradisional Indonesia : Untuk Kreativitas, Ketangkasan, dan Keakraban
  • Cover 100+Permainan Tradisional Indonesia : Untuk Kreativitas, Ketangkasan, dan Keakraban
Rp 49.000
Hemat Rp 7.350
Rp 41.650
Judul
100+Permainan Tradisional Indonesia : Untuk Kreativitas, Ketangkasan, dan Keakraban  
No. ISBN
978
Penulis
Penerbit
Tanggal terbit
November - 2009
Jumlah Halaman
228
Berat Buku
-
Jenis Cover
Soft Cover
Dimensi(L x P)
140x210mm
Kategori
Motivasi
Bonus
-
Text Bahasa
Indonesia ··
Lokasi Stok
Stok Tersedia.
WHY CHOOSE US?
TERLENGKAP + DISCOUNTS
Nikmati koleksi buku terlengkap ditambah discount spesial.
FAST SHIPPING
Pesanan anda langsung diproses setelah pembayaran lunas. Dikirim melalui TIKI, JNE, POS, SICEPAT.
BERKUALITAS DAN TERPERCAYA
Semua barang terjamin kualitasnya dan terpercaya oleh ratusan ribu pembeli sejak 2006.
LOWEST PRICE
Kami selalu memberikan harga terbaik, penawaran khusus seperti edisi tanda-tangan dan promo lainnya

Masih ingat dengan permainan Sondah? Sorodot Gaplok atau Ucing Sumput? Dewasa ini permainan tradisional sudah sangat jarang dimainkan. Padahal dalam permainan tradisional terkandung nilai-nilai edukasi dan sosial yang lebih tinggi ketimbang permainan modern seperti Game Online. Bahkan kita dengar anak-anak menajdi depresi dan bunuh diri karena kalah bermain dalam game online. Sungguh fakta yang menyedihkan. Sementara permainan tradisional yang ditinggalkan justru banyak melibatkan aktivitas fisik, pengaturan strategi, kerjasama tim, dan kecerdasan emosi.

Karena banyak aspek yang bisa dicapai inilah, maka permainan tradisional bisa digunakan sebagai materi pengayaan dalam edukasi, training maupun outbond selain fungsinya sebagai rekreasi bagi anak-anak. Tentunya jika akan disajikan untuk orang dewasa, perlu penyesuaian dan modifikasi yang pas dengan tujuan dan manfaatnya.

Buku ini menyajikan lebih dari 100 permainan tradisional yang terbagi dalam permainan indoor, outdoor, permainan 17 Agustus-an, dan lain-lain. Dalam setiap permainan diberikan data skill level, sehingga memudahkan Anda dalam memilih permainan yang sesuai dengan kegiatan dan tujuan.


REVIEW 100+Permainan Tradisional Indonesia : Untuk Kreativitas, Ketangkasan, dan Keakraban

Oleh : boyh4qi, 23 Des 2009-09:51:58

Rating
Mungkin anda masih ingat dengan permainan tempo dulu seperti bancakan, galaasin, lompat tali dan lainnya. Bermain dengan teman-teman adalah hal yang paling menyenangkan. Secara tidak langsung, keterampilan psikomotorik, kecerdasan dan kekompakan akan terbentuk. Begitu juga jiwa kepemimpinan kala harus mengatur anggotanya untuk memenangkan permainan.
Ya, permainan tradisional adalah permainan yang penuh tantangan. Butuh kreatifitas, kejelian dan ketangkasan untuk memenangkannya. Mungkin sering terjadi saling iri, bertengkar dan ekspresi dari kekecewaan lainnya. Namun setelah tidak perlu waktu lama untuk berbaikan kembali.
Pada dasarnya setiap anak menyukai tantangan. Lain dulu lain pula sekarang. Dulu keinginan melalui tantangan disalurkan melalui permainan positif dengan teman-temannya. Namun kini, banyak video games yang menawarkan tantangan tanpa perlu berpanas-panasan dibawah terik matahari. Akibatnya psikomotorik anak kurang terlatih. Apalagi jika anak sudah kecanduan video games, maka waktunya akan ia habiskan untuk menuntaskan permainan di dunia mayanya. Ia akan menjadi pribadi individualis, tidak peduli lingkungan sekitar, tidak pandai bergaul dan bersosialisasi serta akan terjebak dalam angan-angannya sendiri. Tentu saja ini berpengaruh besar bagi perkembangan fisik dan mental anak, terutama dalam mengikuti pelajaran sekolah.
Anak yang kecanduan video games akan sulit berkonstentrasi dan melamun ketika belajar. Ia pun ingin segera pulang dari sekolah untuk melanjutkan tantangannya di video games. Bahkan ada juga murid yang sengaja bolos hanya demi permainan dunia khayal tersebut.
Apa jadinya bangsa ini jika generasi penerusnya seperti itu?

Permainan 'jadul' tempo dulu sebenarnya sangat baik untuk melatih fisik dan mental anak. Secara tidak langsung, anak akan dirangsang kreativitas, ketangkasan, jiwa kepemimpinan, kecerdasan, dan keluasan wawasannya melalui permainan tradisional. Sayangnya seiring kemajuan jaman, permainan yang bermanfaat bagi anak ini mulai ditinggalkan bahkan dilupakan. Anak-anak terlena oleh televisi dan video games yang ternyata banyak memberi dampak negatif bagi anak-anak, baik dari segi kesehatan, psikologis maupun penurunan konsenstrasi dan semangat belajar. Buku ini hadir untuk memberi solusi agar anak-anak kembali ceria, kompak, aktif dan energik seperti pendahulunya. Dengan 100 lebih alternatif permainan tradisional baik outdoor maupun indoor, anak-anak akan ditantang untuk menaklukan setiap permainan dalam buku ini. Tidak hanya itu, pada setiap permainan, tercantum skill level yang memudahkan para trainer, orangtua, guru untuk memilih permainan berdasarkan manfaat dan tujuannya. Ditambah lagi informasi penting mengenai bahaya era layar kaca terhadap kesehatan fisik dan psikologis anak seperti penyakit macular degeneration, Carpal Tunnel Syndrome, Nintendo Epylepsi, dan lain sebagainya. Diharapkan dengan hadirnya buku ini, generasi saat ini akan lebih energik dan siap fisik mental untuk menghadapi tantangan zaman.

Buku lainnya oleh penerbit - Andi Publisher »

Buku Sejenis Lainnya »