Metodologi Kritik Matan Hadis

+1 rating+1 rating+1 rating+1 rating+0 rating
4.2 avg rating - 5 Goodreads ratings
  • Cover Metodologi Kritik Matan Hadis
  • Cover Metodologi Kritik Matan Hadis
Rp 49.000
Hemat Rp 2.450
Rp 46.550
Judul
Metodologi Kritik Matan Hadis
No. ISBN
9789795780472
Tanggal terbit
2004
Jumlah Halaman
-
Berat
450 gr
Jenis Cover
Soft Cover
Dimensi(L x P)
-
Kategori
Islam
Bonus
-
Text Bahasa
Indonesia ·
Lokasi Stok
Gudang Penerbit icon-help
Stok Tidak Tersedia

DESCRIPTION


Sepintas kritik sanad sudah cukup untuk menilai sahih tidaknva sebuah hadis, sebab periwayatan seorang periwayat tsiqah dari periwayat tsiqah lainnya, yakni dari awal sampai akhir sanad, mengandung arti bahwa kita mempercayai kesahihan riwayat para periwayat tsiqah itu. Jika tidak demikian, maka penilaian tsiqah terhadap para periwayat tidak ada artinya.


Kritik sanad memang cukup. tetapi bersifat elementer saja, sebab setelah dilakukan kajian terhadap periode periwayatan, di mana hadis-hadis beralih dari seorang periwayat ke periwayat lain sampai ke tangan para penulis kitab hadis (mukharrij), ada dua fenomena yang mencolok, yaitu fenomena pemalsuan hadis dan fenomena kekeliruan para periwayat. Yang pertama lahir dari kesengajaan, sedang yang kedua dari ketidaksengajaan.

Menurut hasil penelitian al-Adlabi, tuduhan bahwa ulama mendahulukan kritik sanad ada benarnya, dan bahkan memiliki rasionalitas tersendiri. Namun demikian dalam mempraktikkan kritik sanad, ternyata ulama hadis juga menggunakan kritik matan, yakni ketika mereka memberi penilaian terhadap seorang periwayat melalui kritik terhadap riwayat-riwayatnya. Demikian pula ketika mereka mengkaji istilah-istilah teknis (al-mushthalahat). Walaupun sebagian besar istilah-istilah teknis itu terfokus pada sanad, tetapi ada sejumlah istilah teknis yang memperhatikan kritik matan, seperti pembahasan tentang hadis syadz, hadis munkar, hadis mu'allal, hadis mudltharib, hadis mudraj dan hadis maqlub.

Isu sentral yang diangkat dalam buku ini ada empat kriteria dalam mempraktikkan kritik matan. Pertama, matan yang bersangkutan tidak bertentangan dengan al-Qur'an. Kedua, tidak bertentangan dengan hadis dan sirah nabawiyah yang telah diterima secara luas kebenarannya. Ketiga, tidak bertentangan dengan akal, indra dan sejarah. Dan keempat. mirip dengan sabda kenabian. Tampaknya memang sederhana. tetapi diperlukan kecermatan dan kehati-hatian dalam mempraktikkannya, agar orang tidak dengan mudah membuang suatu hadis hanya karena bertentangan dengan al-Qur'an, hadis, sirah nabawiyah, akal, indra atau sejarah, tetapi penilaian bertentangan itu belum melalui penilaian yang cermat. Karena itu, dalam membahas masing-masing kriteria beserta turunannya, al-Adlabi juga menyertakan contoh praktiknya.

WHY CHOOSE US?

TERLENGKAP + DISCOUNTS
Nikmati koleksi Buku Islam terlengkap ditambah discount spesial.
FAST SHIPPING
Pesanan Anda segera Kami proses setelah pembayaran lunas. Dikirim melalui TIKI, JNE, POS, SICEPAT.
BERKUALITAS DAN TERPERCAYA
Semua barang terjamin kualitasnya dan terpercaya oleh ratusan ribu pembeli sejak 2006. Berikut Testimonial dari Pengguna Jasa Bukukita.com
LOWEST PRICE
Kami selalu memberikan harga terbaik, penawaran khusus seperti edisi tanda-tangan dan promo lainnya

Produk digital

Buku sejenis lainnya

Buku terbitan Gaya Media Pratama lainnya:

WorkLess, EarnMore the trilogy Part 1
Buku Who The Hell Are You? Buku Personal Branding
Buku pengembangan Diri Januari 2020
Buku Populer & Terlaris 2020