MANUSIA DALAM KEBUDAYAAN DAN MASYARAKAT : Pandangan Antropologi dan Sosiologi, 2E

  • Cover MANUSIA DALAM KEBUDAYAAN DAN MASYARAKAT : Pandangan Antropologi dan Sosiologi, 2E
  • Cover MANUSIA DALAM KEBUDAYAAN DAN MASYARAKAT : Pandangan Antropologi dan Sosiologi, 2E
Rp 104.900
Hemat Rp 15.735
Rp 89.165
Judul
MANUSIA DALAM KEBUDAYAAN DAN MASYARAKAT : Pandangan Antropologi dan Sosiologi, 2E  
No. ISBN
9786028555395
Tanggal terbit
Oktober - 2011
Jumlah Halaman
320
Berat Buku
500 gr
Jenis Cover
Soft Cover
Dimensi(L x P)
-
Kategori
Ilmu Sosial
Bonus
-
Text Bahasa
Indonesia ·
Lokasi Stok
Gudang Penerbit
WHY CHOOSE US?
TERLENGKAP + DISCOUNTS
Nikmati koleksi buku terlengkap ditambah discount spesial.
FAST SHIPPING
Pesanan anda langsung diproses setelah pembayaran lunas. Dikirim melalui TIKI, JNE, POS, SICEPAT.
BERKUALITAS DAN TERPERCAYA
Semua barang terjamin kualitasnya dan terpercaya oleh ratusan ribu pembeli sejak 2006.
LOWEST PRICE
Kami selalu memberikan harga terbaik, penawaran khusus seperti edisi tanda-tangan dan promo lainnya

Manusia dalam Kebudayaan dan Masyarakat: Pandangan Antropologi dan Sosiologi, 2E, membahas tentang pengenalan manusia dan ruang lingkupnya serta kebudayaan yang terbentuk di dalamnya. Lebih dalam, pembaca diajak untuk memahami bagaimana para pemikir evolusionis sampai pada kesimpulan akan terjadinya evolusi, memahami genetika, ras, serta berbagai macam etnis yang ada, kebudayaan, dan kepribadiannya. Selain itu, dibahas pula tentang pernikahan, keluarga yang terbentuk, dan interaksi yang terjadi pada uman manusia yang berdampak pada kebudayaan.

Daftar Isi:
Bab 1 Studi tentang Umat Manusia
Bab 2 Evolusi
Bab 3 Sekilas Genetika dan Dampaknya
Bab 4 Ras dan Etnis
Bab 5 Kebudayaan
Bab 6 Kepribadian dan Kebudayaan
Bab 7 Pernikahan
Bab 8 Keluarga dan Kekerabatan
Bab 9 Interaksi Sosial
Bab 10 Stratifikasi Sosial
Bab 11 Kependudukan dan Lingkungan
Bab 12 Perubahan dan Hari Esok

FITUR-FITUR BUKU

Metode yang digunakan dalam menyampaikan materi buku ini menggunakan sistem GPRAL (Gugah, Pikir, Riset, Analisis, dan Latihan) untuk mempermudah cara belajar dan mengerti isi bahasan. Buku ini juga menyajikan contoh-contoh yang relevan berkenaan dengan kehidupan sehari-hari dan mendekati substansi kajian secara rasional dan tidak semata-mata teoretis, tetapi juga dalam bentuk praktis karena dapat langsung diterapkan. Setiap bab disertai dengan artikel yang berelasi dengan isi bab, kotak penelitian, dan soal-soal latihan.

TENTANG PENULIS

Eko A. Meinarno merupakanpengajar tetap di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Minatnya terhadap kondisi sosial membuatnya berkecimpung dalam Psikologi dengan peminatan Psikologi Sosial. Bentuk konkretnya adalah menjadi anggota tim ajar Psikologi Lintas Budaya (20042009), Psikologi Sosial, Antropologi (20012007), dan Individu, Kebudayaan, dan Masyarakat. Menempuh pendidikan S1 Psikologi UI dan S2 Antropologi dari FISIP UI. Sebagai tim ajar Pengantar Antropologi, telah mencoba beberapa cara baru untuk meningkatkan efisiensi kerja pengajar, di antaranya pembuatan materi dalam bentuk Power Point yang terintegrasi dan terstandardisasi serta soal ujian yang dipublikasikan di Internet pada 20052006. Beberapa karyanya adalah dalam bentuk artikel jurnal nasional serta tulisan dalam buku nasional dan internasional. Aktivitas lain adalah menjadi anggota APsyA (AsianPsychological Association) dan anggota dewan editor jurnal Psikologi Mind Set. Pernah meraih penghargaan nasional untuk penerbitan buku pada 2008.

Bambang Widianto merupakan peneliti di Pusat Penelitian Sumber Daya Manusia dan Lingkungan Program Pascasarjana Universitas Indonesia (PPSML-PPsUI) serta menjadi pengajar di PPSML-PPsUI, FISIP, dan Fakultas Psikologi UI. Menempuh pendidikan S1 di FSUI (sekarang FIB UI) jurusan Antropologi, S2 di PSIL PpsUI, dan Master in Environmental Study di York University, Toronto, Kanada. Pengalaman penelitiannya antara lain sebagai koordinator kajian bersama WHO di Maumere Flores untuk proyek perbaikan fasilitas air dan sanitasi (1981); Sekretaris tim penelitian Kehidupan Keluarga: Pola Konsumsi dan Jenis Limbah; Sekretaris Tim Monitoring Evaluasi untuk proyek LARP PLN (2006); Tim peneliti Rumah Susun Tzu Chi di Angke dan Cengkareng Timur (20062007). Selain itu, juga aktif dalam beberapa organisasi, seperti Anggota Asosiasi Antropologi Indonesia, Asosiasi Alumni York University, dan International Association for Public Participation. Karyanya dalam bentuk buku dan laporan antara lain adalah Transmigran Jawa di Desa Gunung Agung (Lampung); Deskripsi Kegiatan (1981); Tanggapan dan Prioritas dari Pemukiman Padat: Suatu Penerapan Modul KualitasLingkungan (1988); Kehidupan Keluarga, Pola Konsumsi dan Jenis Limbah: Laporan Penelitian dengan World Bank PPSML-UI (1990); Solid Waste Management in Jakarta:Problem and Alternatives at the Community Level (1993), Perspektif Budaya (2008), dan Jurnal Pembangunan dan Lingkungan PPSML-UI (sebagai editor).

Rizka Halida menamatkan pendidikan S1 di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia pada 2004 dan  Pascasarjana Sains Sosial di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia pada 2008 dengan predikat cum laude.Minat risetnya adalah psikologi sosial, khususnya tentang kelompok, kognisi sosial, dan psikologi politik. Saat ini aktif mengajar dan menjadi staf di Bidang Studi Psikologi Sosial Fakultas Psikologi Universitas Indonesia serta staf peneliti pada Departemen Penelitian dan Pengembangan Media Group. Selain itu juga menjadi peneliti di Political Psychology Lab yang berfokus dalam meneliti dinamika politik, khususnya selama Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden 2009. Berbagai artikel dengan beragam topik untuk rubrik "Analisis" di harian MediaIndonesia sejak 2005 hingga 2008 telah dihasilkannya, antara lain tentang perilaku memilih pendidikan, perempuan, dan isu-isu sosial lainnya.


REVIEW MANUSIA DALAM KEBUDAYAAN DAN MASYARAKAT : Pandangan Antropologi dan Sosiologi, 2E